Main Article Content

Gede Angga Pradipta
Putu Desiana Wulaning Ayu
I Komang Agus Ady Aryanto

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha yang didirikan oleh pemerintah desa yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan perekonomian di desa. Berbagai cabang jenis usaha ada pada BUMDes yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Seiring dengan berkembangnya teknologi, BUMDes Pemecutan Kaja Mandiri dibuat menjadi lebih modern, namun pelaku usaha saat ini dalam proses pendataan dan laporan masih menggunakan sistem konvensional, yakni dengan mencatat di buku atau lembar dokumen microsoft excel. Hal tersebut sering kali mengakibatkan kesalahan data pada pendataan maupun laporan. Aplikasi Manajemen Toko Berbasis Website pada BUMDes Pemecutan Kaja Mandiri dapat mempermudah pihak pelaku usaha dalam mengelola pendataan dan laporan seperti pendataan barang, data transaksi, kasir, data kas, data laba-rugi dan lain-lain. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi model Waterfall, yaitu memiliki tahapan pendahuluan, analisis, desain, dan pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan PHP dengan MySQL database. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan dengan fungsionalitas aplikasi berbasis website yang telah diuji dengan metode Black Box Testing dan didapatkan hasil yang valid.

Article Details

How to Cite
Pradipta, G. A., Putu Desiana Wulaning Ayu, & I Komang Agus Ady Aryanto. (2023). Aplikasi Manajemen Toko Berbasis Website pada BUMDes Pemecutan Kaja Mandiri. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 18(1), 38-48. https://doi.org/10.30864/jsi.v18i1.599
Section
Articles

References

Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020.
N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Toko Spiccato Bandung,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 572–581, 2015.
S. S. Mluyati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Wedding Organizer Berbasis Web Dengan Php Dan Mysql Pada Kiki Rias,” J. Tek., vol. 7, no. 2, pp. 29–35, 2019.
J. Winanjar and D. Susanti, “Rancangan Bangunan Sistem Informasi Administrasi desa Berbasis web menggunakan PHP dan MySQL,” Pros. Semin. Nas. Apl. Sains Teknol., pp. 97–105, 2021.
Rina Noviana, “Pembuatan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Monja Store Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 112–124, 2022.
C. Kartiko, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Web Pemantau Menggunakan Model Pengujian Perangkat Lunak ISO/IEC 9126,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 16, 2019.
C. Kartiko, “Black Box Testing Boundary Value Analysis Pada Aplikasi Submission System,” Edik Inform., vol. 6, no. 2, pp. 15–22, 2020.
M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.
R. Guntari and R. Setiawan, “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat di Desa Tanjung Kamuning,” J. Algoritm., vol. 13, no. 2, pp. 269–274, 2017.
C. A. Febrina, F. Ariany, and D. A. Megawaty, “Aplikasi E-Marketplace Bagi Pengusaha Stainless Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2021.
Indexed and Journal List Title by: