Main Article Content

Ni Nyoman Supuwiningsih
I Nyoman Bagus Pramartha

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk e-modul untuk perkuliahan online dengan menggunakan software moodle sebagai salah satu aplikasi Learning Management System (LMS) dengan karakteristik interaktif, menarik dan menyenangkan Metode penelitian untuk pengembangan e-modul menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design. Development, Implementation and Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini adalah berupa e-modul yang telah diuji coba oleh dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi Geografis dengan menggunakan kuesioner, skala likert untuk pilihan jawaban dengan nilai 87 % yang dinyatakan bahwa e-modul sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba kedua oleh mahasiswa dengan menjawab pertanyaan dengan hasil rata-rata persentase 88 % berdasarkan tabel kategori dinyatakan bahwa e-modul sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Ni Nyoman Supuwiningsih, & Pramartha, I. N. B. (2024). E-modul untuk Online Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 18(2), 200-207. https://doi.org/10.30864/jsi.v18i2.616
Section
Articles

References

N. Nurmadiah and A. Asmariani, “TEKNOLOGI PENDIDIKAN,” Al-Afkar : Manajemen pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.32520/afkar.v7i1.220.
M. Zabolotniaia, Z. Cheng, E. M. Dorozhkin, and A. I. Lyzhin, “Use of the LMS Moodle for an effective implementation of an innovative policy in higher educational institutions,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 15, no. 13, 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i13.14945.
Sudianto, Dwijanto, and N. R. D. N. Adhi, “Students’ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle,” Ujmer: Unnes Journal of Mathematics Education Research, vol. 8, no. 1, 2019.
R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
R. A. Salas-Rueda, É. P. Salas-Rueda, and R. D. Salas-Rueda, “Analysis and design of the web game on descriptive statistics through the addie model, data science and machine learning,” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, vol. 8, no. 3, 2020, doi: 10.46328/IJEMST.V8I3.759.
S. J. Yu, Y. L. Hsueh, J. C. Y. Sun, and H. Z. Liu, “Developing an intelligent virtual reality interactive system based on the ADDIE model for learning pour-over coffee brewing,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 2, 2021, doi: 10.1016/j.caeai.2021.100030.
C. Handrianto, A. J. Jusoh, P. S. C. Goh, and N. A. Rashid, “Using ADDIE Model for Designing Instructional Strategies to Improve Teaching Competency of Secondary School’s Teachers,” E-Prosiding Webinar Konvensyen Kaunseling Kebangsaan, no. 6, 2021.
R. A. Latif and M. Z. M. Nor, “Using the addie model to develop a rusnani concept mapping guideline for nursing students,” Malaysian Journal of Medical Sciences, vol. 27, no. 6, 2020, doi: 10.21315/mjms2020.27.6.11.
H. C. Yeh and S. S. Tseng, “Using the ADDIE model to nurture the development of teachers’ CALL professional knowledge,” Educational Technology and Society, Vol. 22, no. 3, 2019.
S. Ayob and M. F. Omidire, “Storyboards as a Qualitative Method of Exploring Learners’ Experience With the Use of a Multilingual Support Strategy,” Int J Qual Methods, vol. 20, 2021, doi: 10.1177/16094069211034391.
Jimmi Copriady dkk,“Pengembangan E-modul Berbasis Moodle Pada Materi Hidrokarbon”, EDUSAINS, Vol 12, No. 1, 2020.
Agustini, K. (2014). “Matrik BluePrint dalam Desertasi Pengembangan Media Ajar Berteknologi Hypertext untuk Perkuliahan Komunikasi Data dan Jaringan Komputer Berbasis Kearifan Lokal Konsep Subak,” Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Indexed and Journal List Title by: